Friday, April 3, 2009

Apanya yang Baru?

Di atas kertas, angka-angka memang mencengangkan. 1 trilyiun dolar hendak dipakai untuk menyelamatkan dunia dari krisis global. Namun negara-negara besar kapitalislah sebenarnya yang sedang menyelamatkan diri sendiri.

Ketimbang mereformasi total sistem kapitalis, yang dilakukan negara-negara besar di pertemuan G20 adalah merestorasi sistem yang sama dengan pengetatan pengawasan terhadap lembaga-lembaga keuangan yang liar dan rakus.

Negara-negara miskin tetap miskin, bahkan bisa jadi semakin miskin. Dunia memang tidak mengenal rasa. Dunia hanya berpihak kepada yang kuat ketimbang yang lemah.

Seberapa lama lagi sistem kapitalis ini bisa bertahan? Paman Sam yang sekarang mengidap sakit yang seperti kanker, menggerogoti pelan-pelan ketahanannya, mencoba untuk mencari kawan menanggung bersama penderitaannnya, tapi berapa lama?

Para pengamat melihat krisis ini baru di tahap awal. Masih panjang perjalanan yang bakal di tempuhnya. Boleh jadi akan ada perubahan besar pada peta kekuatan dunia yang nanti akan diantarkannya. Sampai sistem dan tata dunia yang betul-betul baru muncul dan menguat di permukaan.

No comments:

Post a Comment